Monday 10 April 2017

HEWAN YANG HARAM DIMAKAN KARENA DILARANG MEMBUNUHNYA (Beserta Gambarnya)


Di antara hewan yang dilarang untuk dibunuh adalah burung Hudhud (dibaca: hud hud), katak, semut, dan burung Shurad. Dari Abu Hurairah, ia berkata,
“Rasulullah melarang dari membunuh burung Shurad (tengkek), katak, semut, dan burung Hudhud (burung Hoopoe [Ing]).” (HR. Ibnu Majah no. 3223)
Dalam riwayat lain dari hadits Ibnu Abbas, ia berkata,
“Sesungguhnya Nabi melarang membunuh empat jenis hewan: semut, lebah, burung Hudhud, dan burung Shurad.” (HR. Ahmad 1/332, Abu Dawud no. 5267, Ibnu Majah no. 3224, Abdurrazzaq 4/451, dan al-Baihaqi 5/214. Hadits ini dinyatakan sahih oleh al-Albani dalam al-Irwa’, 8/2490)

lihat Link ini untuk Hewan yang haram dimakan karena dilarang membunuhnya

SEMUT


Damiri berkata, “Maksudnya adalah semut besar as-Sulaimani, sebagaimana dijelaskan oleh Khaththabi dan Baghawi dalam Syarhus Sunnah. Adapun semut kecil yang disebut Dzarr maka boleh dibunuh. Sedangkan Malik membenci pembunuhan semut kecuali bila semut itu membikin madharat dan tidak dapat ditolak kecuali dengan cara dibunuh. Ibnu Abi Zaid menyatakan diperbolehkan secara umum untuk membunuh semut bila mengganggu.”

Baca apabila membunuh semut tidak sengaja : disini 



LEBAH


Kebanyakan ulama mengatakan hukum lebah sama dengan semut dengan landasan hadist di atas, yaitu larangan membunuhnya dan larangan memakannya. Namun para ulama menerangkan bahwa larangan membunuh lebah karena menghasilkan madu yang berguna bagi manusia.

BURUNG HUD-HUD


Burung Hud-Hud adalah burung yang sangat terkenal dalam kisah Nabi Sulaiman. Ia adalah burung yang sangat cerdik, ia juga menjadi utusan Nabi Sulaiman untuk menyampaikan surat kepada Ratu Bilqis.

BURUNG SURADI


Burung Shurad (atau  burung suradi dalam bahasa Indonesia) adalah seekor burung yang berkepala dan berparuh besar, memiliki bulu yang besar, setengahnya berwarna putih dan setengahnya lagi berwarna hitam. (an-Nihayah, Ibnul Atsir, 3/21)

Fadhillah

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 comments:

Unknown said...

Hadist bahasa arab nya mana min

Manual Categories